Friday, February 8, 2013

JENIS JENIS WISATA

Tulisan ini agak aneh namun inilah yang saya pikirkan lalu saya sampaikan kepada anak anak. Pagi itu saya bertanya kepada anak anak “Apakah aktivitas yang paling menyyenangkan dalam kehidupan seorang murid? Namun juga dirasakan oleh para guru dan orang tua?” Serempak mereka menjawab “LIBURAN”. Mengapa? Ya karena dengan masa liburan itu semua bisa menikmati hari hhari tanpa aktivitas berat. Boleh jadi semua akan melakukan kegiatan yang sama yaitu berwisata.
Nah omong omong tentang wisata, saya mengkalsifikasikan atau mengelompokkan jjenis jenis wisata. Menurut saya pribadi, ada 7 macam wisata. Berikut ini 7 macam wisata berikut penjelasannya.
(1)  Wisata Alam, yaitu mengunjungi suatu tempat yang berwujud pemandangan alam terbuka. Tujuannya secara umum adalah bersenang senang. Misalnya mengunjungi pantai Kuta, Sanur, Gunung Bromo, Danau Toba dan lain sebagaianya. Intinya pemandangan yang indah untuk dinikmati.
(2)  Wisata Kuliner, yaitu mengunjungi tempat tempat dimana tersedia makanan. Tujuannya adalah untuk makan minum dengan suasana yang boleh jadi berbeda dari sekedar makan minum di rumah. Biasanya makanan atau minuman atau jajajanannya khas sekali. Misalnya berwisata kuliner ke Malioboro dengan lesehannya. Wisata kuliner di Bandung untuk membeli roti Unyil atau ke Palembang untuk menikamati empek empek Palembang langsung dari daerah asalanya.
(3)  Wisata Religi, yaitu berwisata dengan mengunjungi tempat ibadah atau makam makam para wali. Tujuannya bukan semata senangg senang namun juga meningkatakan kecintaan kepada agama dan melakukan aktivitas ritual seperti berzikir, berdoa dan lain lain.
(4)  Wisata Hati, biasanya dengan mengunjungi pesantren atau majelis majelis zikir. Istilah ini dipopulerkan oleh Ustadz Yusuf Mansyur yang memang beliau punya kegiatan, acara televisi dan media Wisata hati. Tujuannya untuk meningkatkan iman dan taqwa kita.
(5)  Wisata Belajar atau di kenal Study Tour. Biasanya dilakukan oleh pelajar, mahasiswa atau pengajar untuk belajar dari tempat yang dikunjunginya. Misalnya mengunjungi ITS 10 Nopember dengan tujuan membangkitkan minat pelajar untuk menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.  
(6)  Wisata Medikal, yaitu mengunjungi rumah sakit atau orang sakit. Tujuannya supaya menyadarkan diri bahwa kesehatan itu penting dan kita menjadi semakin bersyukur dengan karunia Allah yang berupa kesehatan.    
(7)  Wisata Bencana, yaitu mengunjungi tempat dimana pernah atau sedang terjadi bencana. Begitu banyaknya orang atau masyarakat yang ingin mengetahui bencana di suatu daerah, maka di sekitar daerah bencana tersebut menjadi ramai laykanya orang berwisata ke Kuta atau Gunung Bromo. Selain untuk mengetahui bencana itu sendiri juga untuk mengambil pelajaran kehidupan agar sadar diri tentang kekuasaan Allah SWT.
(8)  Wisata Kriminal! Wah jenis apalagi ini! Hehehe. Ya memang begitulah istilah yang saya gunakan. Wisata Kriminal itu adalah mengunjungi penjara atau sel di kepolisian. Tujuannya adalah supaya kita makin sadar bahwa kita tidak boleh berbuat salah karena orang salah yang kemudian dimasukkan ke dalam penjara sangat tidak nyaman kkehidupannya. Tersiksa dan terkurung kemerdekaannya.
Nah para pembaca! Selamat berwisata! Enjoy your life!

Reaksi Anda

1 komentar:

Anonymous said...

wah.... istilah yang lucu! wkwkwk...sip juga sih...