Thursday, January 10, 2013

BERWUDHU SEBELUM BELAJAR

Bismillahirrahmaanirrahiim. Pengalaman pagi ini sungguh luar biasa. Ketika saya anak anak di kelas "Siapa diantara kalian yang sekarang masih punya wudhu?"... Subhanallah! Ada seorang anak yang datang terlambat mengangkat tangannya. Hanya ada seorang diantara 26. "Kok kamu masih punya wudhu Mas? Apa kamu barusa solat subuh?" "Tidak ustad. Memang saya berwudhu sebelum berangkat sekolah".... Alhamdulilllah. Murid saya yang satu ini semoga senantiasa dirahmati Allah.
Lalu saya lanjutkan motivasi saya.
Anak anak... Apa yang dilakukan teman kalian sungguh sesuatu yang luar biasa. Bukan hanya di sisi ustad tapi juga di sisi Allah SWT. Tahukah kalian bahwa jika kita berwudhu sebelum belajar, maka kita akan ditemani malaikat yang Insya Allah akan membantu kita dalam menambah ilmu pengetahuan. Oleh karena itu marilah besok kita awali belajar kita dengan senantiasa dalam keadaan suci. Kita berwudhu bukan hanya membersihkan badan tapi juga membersihkan jiwa, membersihkan hati. Karena ilmu itu akan dimasukkan ke dalam hati, maka siapkan hati kalian dalam keadaan bersih dan suci agar ilmu ilmu yang diajarkan para guru bisa masuk ke dalam hati kalian dan menjadi ilmu yang bermanfaat.
Coba perhatikan bagaimana Nabi Muhammad SAW memotivasi kita. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا تَوَضَّأَ الْعَبْدُ الْمُسْلِمُ أَوِ الْمُؤْمِنُ فَغَسَلَ وَجْهَهُ،
خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيْئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنَيْهِ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ،
فَإِذَا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِنْ يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيْئَةٍ
كَانَ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ،
فَإِذَا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيْئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلاَهُ مَعَ الْمَاءِ
أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيًّا مِنَ الذُّنُوْبِ.

“Jika seorang hamba Muslim atau Mukmin berwudhu lalu membasuh wajahnya, akan keluar dari wajahnya setiap dosa yang dilihat dengan kedua matanya bersamaan dengan keluarnya air atau tetesan air yang terakhir. Jika dia membasuh tangannya, akan keluar dari kedua tangannya setiap dosa yang pernah dilakukan oleh kedua tangannya itu bersamaan dengan air atau tetesan air yang terakhir. Jika dia membasuh kedua kakinya, akan keluar setiap dosa yang pernah dilakukan oleh kedua kakinya bersamaan dengan air atau tetesan air yang terakhir, sehingga dia akan keluar dalam keadaan benar-benar bersih dari dosa.” (Diriwayatkan oleh Muslim, no. 224).

Nah Nak..... Berwudhu ya sebelum belajar!

0 komentar: