Friday, January 25, 2013

BERGURU PADA MURID

Dalam pepatah jawa ada ungkapan “Kebo nyusu gudel”. Dalam bahasa indonesia diterjemahkan bebas “Kerbau menyusu pada anaknya”. Sangat jelas maknanya. Orang tua menyandarkan sesuatu kepada anaknya. Terjemah bebasnya bisa saja seorang guru yang berguru pada muridnya. Ya, kenapa tidak. Sah sah saja seorang guru yang lebih tua usianya bertanya atau menimba ilmu kepada muridnya yang masih muda usianya.
          Hari ini saya telah berguru pada murid kesayangan saya. Namanya Handaru. Sekarang dia kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya semester 5. Sekitar 7 tahun yang lalu dia masih kelas 8 SMP Al Hikmah Surabaya. Tentu saja saya adalah salah seorang gurunya.
          Begini ceritanya. Menjelang sholat jumat saya menyapa dia. Lalu selepas sholat jumat saya kembali menyapanya dan duduk disebelahnya. Di dalam masjid yang masih penuh dengan jamaah, awalnya saya tanya kabarnya. Bagaimana pula kabar ayah ibu dan adik adiknya semua. Lalu dia bercerita tentang semua anggota keluarganya. Lalu saya tanyakan tentang perkuliahannya. Saat ini dia sedang menempuh semester pendek.
          Lalu masuklah saya pada hal ihwal dunia kedokteran. Saya pun tidak malu padanya untuk menanyakan banyak hal tentang dunia kedokteran. Tentang anatomi, tentang bedah, tentang spesialisasi, tentang PTT, DM, penyakit dan banyak hal yang akhirnya saya ketahui dalam durasi waktu sekitar 30 menit. Ketika masjid telah tampak sepi saya dan dia pun akhirnya harus mengakhiri obrolan asyik tadi. Rasanya tidak puas untuk mengetahui dunia kedokteran. Sambil saya temani dia menuju lobby masjid saya masih juga bertanya pada Handaru.
          Akhirnya kami pun berpisah. Saya doakan dan motivasi dia semoga segera sukses. Dia bilang, Insya Allah 5 atau 6 semester lagi dia sudah menjadi seorang dokter. Alhamdulillah. Yang tidak lupa saya pesan ke dia, sampaikan salam saya buat ayah ibu dan semua adik adiknya. Kalau ada kesempatan Insya Allah saya akan bersilaturrahiim ke kediaman dia.

0 komentar: