Wednesday, January 16, 2013

PERAN WALI KELAS (#1: Sharing)

Idealnya, di semua sekolah, seorang wali kelas punya peran yang sangat penting dan utama. Bagaimana tidak. Wali kelas lah yang senantiasa berkomunikasi dengan para orang tua atau wali dari para siswa yang ada di dalam kelasnya. Sedangkan para orang tua adalah pengguna utama jasa pendidikan sekolah. Dalam hal ini untuk mengajar dan mendidik putra putri beliau.
Nah, terkait dengan itulah maka sosok wali kelas punya kewajiban untuk menjaga nama baik sekolah dengan memiliki standard kompetensi seorang wali kelas khusnya kemampuan berkomunikasi dengan para orang tua. Boleh jadi para orang tua tidak mengenal seluruh civitas akademi di sekolah, namun dengan mengenal wali kelasnya para orang tua sudah bisa menilai seperti apa sekolah tempat anaknya belajar. Itulah mengapa wali kelas harus punya nilai baik di hadapan para orang tua. Bukan untuk mencari muka secara pribadi tetapi secara institusi. Mengapa? Ya karena seseorang disebut wali kelas manakala dia menjadi bagian dari sekolah.
Para orang tua yang ingin mengetahui bagaimana perkembangan akademis dan non akademis putra putrinya pasti akan bertanya langsung kepada wali kelas. Oleh karena itulah maka wali kelas harus memiliki data data pendukung untuk bisa menjawab pertanyaan orang tua. Bahkan tidak cukup data data numerik saja, misalnya nilai, namun juga data data empirik berupa pengamatan terhadap perilaku keseharian para siswa serta berbagai macam catatan yang terkait dengan perilaku siswa. Dengan memiliki modal seperti itulah seorang wali kelas akan mampu melayani dengan baik para orang tua. Boleh jadi kepuasan orang tua terhadap layanan wali kelas akan menjadi media pemasaran yang baik bagi produk sebuah sekolah. Bagaimana? Ada pendapat lain?

0 komentar: