Wednesday, January 9, 2013

MEMBANGUN KARAKTER? PERHATIKAN 3 HAL INI

Inilah kutipan inti ketika secara tiba tiba diminta mengisi ceramah pada acara aqiqoh...
"Para bapak dan Ibu rahimakumulloh... Baik buruknya anak anak kita itu bergantung pada tiga hal yaitu : RUMAH, SEKOLAH, LINGKUNGAN. RUMAH.... Kalau kehidupan di dalam rumah tangga kita baik, Insya Allah anak anak akhlaknya akan baik. Sebaliknya, jika suasana rumah tidak baik, tidak menutup kemungkinan anak anak akhlaknya akan buruk juga. Nauzubillah! Sebenarnya cara mudah untuk mendidik anak anak di rumah adalah dengan memberi teladan atau contoh yang baik kepada putra putri kita. Kalau kepengin anak kita rajin solat ya jangan cuma di suruh saja. Ajak saja anak anak pergi ke musolla. Insya Allah mereka akan menjadi anak anak yang ahli sholat. Amin.
SEKOLAH.... Bapak Ibu yang berbahagia. Memilihkan sekolah buat anak anak jangan asal memilih. Pilihlah sekolah yang disana ditanamkan perilaku yang baik. Yang bisa mendidik, bukan hanya mengajar. Anak anak tidak hanya kepingin pinter tapi juga berakhlakul karimah. Berbudi dan berprestasi. Di Surabaya sudah banyak sekolah dengan basis agama. Sebagian memang biayanya cukup mahal, namun kualitasnya juga seimbang. Ono rego ono rupo, kata orang jawa. Jadi mohon diperhatikan tempat belajar anak anak kita.
Selanjutnya LINGKUNGAN. Bapak dan Ibu yang terhormat. Lingkungan tempat anak anak kita bermain itu sangat punya peran dalam membentuk karakter anak anak. Kita harus benar benar mengawasi anak anak, dengan siapa mereka bermain. Kalau teman sepermainannya suka main game, maka jangan kaget nanti kalau anak anak kita suka mengunjungi tempat video game atau warnet. Kalau teman teman mereka baik baik, Insya Allah anak kita akan ikut ikutan baik....." dst.
Alhamdulillah bisa ceramah!
  

0 komentar: