Tuesday, January 22, 2013

JANGAN MENUNGGU DIKEJAR ANJING

Inspirasi ini muncul justru karena saya tidak tahu harus menulis apa kali ini. Seorang teman sempat menanyakan “Apa ispirasi hari ini?”. Ya saya jawab saja bahwa saya belum dapat inspirasi. Lalu saya sempat berfikir dan merenung “Mau menulis apa saya hari ini?”. Bukankah saya sudah punya komitmen untuk menulis satu hari satu karya walaupun hanya satu paragraf. Maka inilah tulisan saya hari ini.
Kondisi saya yang sedang terdesak ini menjadi inspirasi saya untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Memang dalam beberapa kesempatan terdesak kita menjadi memiliki kemampuan untuk menuangkan ide, untuk melakukan sesuatu yang tidak kita pikirkan sebelumnya. Ada sebuah ilustrasi mudah : kalau kita diadu berlari sama seekor anjing, boleh jadi kita akan ketinggalan. Namun ketika kita terdesak, tepatnya ketika kita dikejar anjing, maka kita pasti berlari lebih cepat daipada anjing itu. Ya, kesimpulannya keterdesakan itu menumbuhkan kemampuan.
Kondisi tersebut menginspirasi kita untuk merenung bahwa kita sebenarnya pasti punya potensi. Hanya saja mampukah kita menumbuhkan potensi itu lalu bisa kita gunakan dalam kondisi yang longgar tanpa menunggu saat terdesak. Maka mungkin nasehat baik bagi kita semua adalah bahwa kita harus bekerja keras untuk berfikir melakukan sesuatu sebelum sampai kepada keadaan yang mendesak. Asala mau berlatih setiap waktu secara kontinyu, Insya Allah akan ada ide ide cemerlang bagi kita. Amin!

0 komentar: